gadgetin

Biografi Johnny Winter, Sang “Bapak Musik Blues”

  • Share
Johnny Winter sang Maestro Musik Blues

Nama dari Johnny Winter ini dikenal sebagai legenda Gitaris yang tidak diragukan lagi kemampuannya. Johnny pertama kali menandatangani kontrak profesionalnya pada tahun 1969 bersama dengan Columbia Records. Hal ini menjadikan sebagai kesepakatan artis solo terbesar kala itu.

Biografi Johnny Winter

Johnny Winter lahir di Beaumont, Texas pada tahun 1944 silam, tiga tahun kemudian saudaranya lahir yang bernama Edgar. Di usia 14 tahun, Johnny dan Edgar membentuk band pertamanya bernama Johnny and the Jammers , dengan Edgar pada Piano.

Ditahun 1965 – 1967, John Winter mangung tanpa henti di seluruh pedalaman Amerika Selatan, baik itu bersama band Edgar (Black Plague) atau dengan bandnya yang dikenal dengan nama The Crystailers and It and Them.

Perjalanan Musik Professional Johnny Winter

Lalu ditahun 1968, Johnny Winter mulai memainkan musik blues dalam format trio, anggotanya adalah  John Winter (gitar/vocal), Tommy Shanon (bass) dan Uncle John Tunner (Drums). Trio ini pun akhirnya sukses meluncurkan album pertama mereka bernama Johnny Winter, The Progressive Blues Experiment.

Di mana dalam album pertamanya itu memiliki 100% blues yang terdiri dari Chicago Blues, Texaz, dan Deltar. Awalnya album ini direkam di atas label independen, namun akhirnya pada tahun 1969 secara resmi dirilis oleh label Imperial.

Pernah di Jalur Rock n Roll

Karena dukungan Mike Bloomfield serta ulasan kecil yang ada di dalam majalah Rolling Stones, akhrinya di tahun 1969 ini John Winter pun mulai dikontrak label besar bernama Columbia Records untuk lima album. Namun karena arahan dari produsernya kala itu, membuat John Winter ini harus lebih banyak bermain musik Rock dibandingkan Blues.

Bahkan sejak saat itu, album selanjutnya dari Johnny Winter ini lebih dominan pada musik Rock, yang berbanding terbalik dengan album pertamanya yang lebih dominan musik blues. Tidak hanya berpindah aliran musik saja, bahkan untuk album-album selanjutnya Tommy Shanon serta Uncle John Tunner pun posisinya diganti oleh personel lain.

Dimana mereka digantikan oleh Randy Jo Hob (Bass), Rick Derringer (second guitar), dan Randy Z (drums), nama grup itu pun juga berubah menjadi Johnny Winter And. Setelah lepas kontrak dengan Columbia Records, John Winter pun akhirnya bernaung dibawah label Blue Sky dan meluncurkan album Captured Live, Nothing But the Blues.

Lalu di tahun 1984, Johnny Winter pun bergabung dengan Alligator Records dan meluncurkan album blues Guitar Slinger, Serious Bussines, serta Third Degree. Keinginan dari Johnny untuk merekam apapun kecuali musik blues asli pun bisa dibuat dengan sempurna.

Pada saat John Winter ini meluncurkan album Guitar Slinger pada akhir tahun tersebut, album ini pun mendapat pujian dari para penggemar sebagai album terbaiknya (yang paling blues). Bahkan hal itu dibuktikan dengan mencatatkan namanya dalam Billboard dan Cashbox, bahkan ia juga masuk nominasi dalam Grammy Awards.

Daftar Pencapaian Kesuksesan Johnny Winter

Di tahun 1986 pun John Winter juga mendapatkan nominasi Grammy Award ketiganya dengan Alligator Records dengan album Third Degree. Di album ini ia menampilkan beberapa tamu istimewa dalam rangkaian gaya musik blues, seperti Kohort Blues asli, Tommy Shannon, Uncle John Turner, dan Mac Rebbenack yang semuanya tampil menjadi tamu.

Kesuksesan dari John Winter ini pun berlanjut di tahun-tahun selanjutnya. Bahkan di tahun 2004 albumnya yang berjudul ‘i’m Bluesman’ yang dirilis oleh Virgin Records ini menambah kesuksesan John Winter di Texas.

Pada tahun 2005 Johnny dan Edgar Winter namanya telah berhasil tercantum di ‘Walk of Fame’ Texas Tenggara di Ford Park di kota asal mereka berdua yakni Beamont, Texaz. Atas kontribusi dan pencapaian mereka di industri musik dan karirnya, John Winter juga mendapatkan penghargaan WC Handy Blues Awards untuk ‘Second Winter Legacy Edition’.

Untuk anda yang ingin mengenal lebih dekat dengan sang “Bapak Blues” Johnny Winter, kunjungi https://www.johnnywinter.net/ untuk tetap terhubung dengan alunan musik blues dan update terbaru dari sang Maestro.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *