gadgetin

Cara Membersihkan Data C agar Bisa Kembali Bekerja Optimal

  • Share
cara membersihkan data c

Cara Membersihkan Data C

Apabila kamu pengguna aktif komputer atau laptop, sudah tentu tahu jika data C menjadi hal tidak akan bisa terlepas dalam penyimpanan data dari sistem. Karena memang didaulat secara default, kalau sistem akan terpasang ke drive C ini.

Penggunaan drive atau data C ini sebagai tempat penyimpanan memang sudah tersetting dari OS Windows XP. Tentu saja, saat komponen utama penyimpanan pada sebuah komputer, tentunya lama kelamaan akan menjadikannya penuh.

Lalu, bagaimana kalau data C terdeteksi merah alias penuh? Jangan buru-buru panik dulu, gengz. Sebab ada cara membersihkan data c yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kapasitas penyimpanan data C agar kembali hijau.

Simak beberapa cara untuk membersihkan data C yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa harus buru-buru ke tempat servis, cuz cara membersihkan data c ada dibawah ini.

1. Ketahui Terlebih Dulu Penyebab dari Data C yang Penuh

Banyak penyebab dari lokal data C menjadi penuh, bisa karena temporary files, logs, caches serta leftover dari aplikasi di komputer yang sudah di uninstall. Berbagai browser cookie juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.
Pembagian partisi local disk yang tidak sesuai, misal untuk data C terlalu kecil juga bisa menjadi sebab mengapa data C cepat penuh. Terlebih apabila kamu sudah menggunakan update OS untuk Windows yang paling baru. Sebab, akan memakan partisi untuk sistem saja lebih dari 30 GB.

2. Cara Membersihkan Data C Tanpa Aplikasi

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan data C :

  • Pertama masuk ke setting yang ada pada Windows kamu, biasanya untuk langkahnya hampir sama di semua versi Windows. Yaitu klik tombol Start > pilih Setting.
  • Setelah masuk ke menu Settings lalu klik menu System.
  • Setelah menu System terbuka, pilih menu Storage. Kemudian lihat pada Local Disc C. Nanti akan terlihat beberapa keterangan seberapa besar space yang terpakai untuk aplikasi, atau file video, dokumen, musik dan temporary files.
  • Untuk langkah membersihkan, fokus ke Temporary files terlebih dahulu. Sebab didalamnya berisi file system yang sudah tidak lagi terpakai. Klik Temporary files > pilih jendela Cleaner kemudian sistem Windows akan melakukan proses scanning secara otomatis.
  • Setelah proses scanning selesai, pilih atau klik pada kotak yang tersedia, mana saja yang akan kamu hapus atau bersihkan, gengz. Setelah itu klik tombol Remove files.
  • Selesai proses pembersihan pada Temporary files, untuk mendapatkan space yang lebih lega lagi pada data C.
  • Bersihkan file yang berukuran besar dan tidak lagi digunakan.
  • Kembali ke menu Storage dan lihat kembali ke local data C. Klik pada App & features. Kemudian pilih program atau aplikasi yang kamu rasa tidak perlu kemudian klik tombol uninstal.

3. Cara Membersihkan Data C dengan Aplikasi

Di Saat sudah melakukan uninstal program, terkadang masih ada file yang tersisa di data C. Hal ini dinamakan leftover files. Untuk membersihkan data C yang lama kelamaan pasti penuh karena menumpuknya leftover files ini, kita membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkannya.

Dalam hal ini kamu bisa menggunakan aplikasi Revo Uninstaller. Aplikasi ini bisa membersihkan data C dari leftover files hingga tuntas. Sehingga data C menjadi lebih luas dan lihatlah, tidak ada lagi indikator merah di drive lokal C kamu saat ini, gengz!

Baca Juga Aplikasi baca berita dapat uang

Siap Menerapkan Cara Membersihkan Data C di Atas?

So, tidak perlu buru-buru panik ke tempat servis ya, gengz untuk mengatasi apabila data C terindikasi penuh atau berwarna merah. Sebab kamu bisa menyelesaikan masalah ini sendiri dari rumah. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Sekian artikel dari gadgetin.co.id semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya, banyak banget yang bisa kamu baca agar gak ketinggalan dalam info di dunia digital.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.