gadgetin

Cara Mudah Daftarkan Nomor IMEI Ponsel dari Luar Negeri

  • Share
Gadgetin
Gadgetin Indonesia

Gadgetin.co.id – Nomor IMEI ponsel atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor khusus sebagai identitas yang sengaja diproduksi oleh produsen handphone. Nomor ini tercantum pada handphone dengan fungsi pemblokiran black market. Saat ini di Indonesia tengah gencar melakukan pemblokiran handphone yang IMEnya tidak terdaftar pada Kementerian Perindustrian.

Sehingga Anda perlu berhati-hati saat membeli hp, terlebih jika mendapatkannya dari pasar gelap. Ataupun diperoleh dari pasar smartphone luar negeri, bisa jadi mereka akan terkena dampak. IMEI terdiri dari 15 digit, Anda bisa menggunakannya untuk memperoleh informasi negara asal, pabrikan hingga nomor model.

Bagi Anda yang sudah terlanjur membeli hp dari luar negeri, maka wajib mendaftarkannya agar bisa terhitung dengan layanan operator seluler di Indonesia. Jika tidak memiliki nomor IMEI ponsel maka besar kemungkinan handphone tersebut akan terblokir hingga tidak bisa digunakan. Sebab hp tersebut akan dianggap illegal.

Cara Mendaftarkan Nomor IMEI Melalui Situs Bea Cukai

Memiliki ponsel baru, maka Anda diwajibkan untuk mendaftarkannya terlebih dahulu, terlebih jika handphone tersebut baru saja dibeli dari luar negeri. Salah satu caranya yakni melalu situs resmi milik Instansi Pemerintah Bea Cukai. Langkah pertama yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar yakni menyiapkan beberapa dokumen.

Seperti NPWP, kartu identitas, nomor penerbangan, beserta informasi spesifikasi nomor ponsel yang sudah Anda beli. Selanjutnya Anda bisa segera memulainya mendaftarkan International Mobile Equipment Identity dengan mengunjungi situs resmi Bea Cukai. Bukalah alamat website beacukai.go.id. Kemudian isikan data sesuai dengan permintaan di formulir. 

Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kode QR lengkap dengan nomor registrasi. Kode QR digunakan untuk pemeriksaan Bea Cukai pada saat proses verifikasi. Setelah proses verifikasi selesai dilakukan, pengguna handphone akan mendapatkan persetujuan serta nomor IMEI dari Bea Cukai. Selanjutnya ponsel bisa segera dipasang kartu SIM lokal.

Setelah pendaftaran selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan persetujuan dari pejabat Bea Cukai. Secara otomatis nomor IMEI ponsel telah terdaftar dan bisa segera Anda gunakan setelah sampai di Indonesia. Namun jika pembelian handphone dilakukan secara online, maka pihak jasa kirim yang akan melakukan registrasi IMEI tersebut.

Hal ini tidak berlaku untuk wisatawan mancanegera yang masih menggunakan SIM Card dari negara asalnya. Di mana mereka hanya perlu melakukan registrasi di gerai operator seluler untuk mendapatkan akses selama 90 hari. 

Cara Cek Nomor IMEI Ponsel dengan Mudah

Bagi pengguna iPhone atau iPad, Anda bisa melihat secara langsung IMEI berada dibagian punggung perangkat. Sementara untuk smartphone berbasis Android, nomor tersebut bisa diperiksa melalui menu setting kemudian pilih About Phone. Selanjutnya akan ditampilkan informasi ponsel secara lengkap berikut IMEInya.

Ada juga trik lain yang bisa digunakan untuk melihat International Mobile Equipment Identity, yakni melalui dial nomor ponsel *#06# pada menu telepon Anda. Tunggulah beberapa saat hingga pop up informasi tersebut muncul dilayar smartphone. Jika Anda masih menyimpan kotak kemasan telepon genggam, cobalah mencari label IMEI di dalamnya.

Biasanya pihak produsen telah mencantumkan nomor tersebut dibagian luar kemasan secara lengkap. Perlu Anda ketahui, apabila hp menggunakan satu slot simcard maka nomor IMEI ponsel hanya tercantum satu saja. Sementara untuk dua slot simcard maka juga ada dua International Mobile Equipment Identity.

Nomor tersebut sangat bermanfaat ketika handphone hilang akibat terjatuh atau dicuri. Pemilik hp bisa memblokirnya dengan sangat mudah agar tidak terjadi penyalahgunaan serta melindungi data pemilik. Jika sudah terblokir maka ponsel tersebut tidak akan bisa digunakan untuk menelepon ataupun dihubungkan ke jaringan internet.

Untuk melakukan pemblokiran tersebut caranya dengan menghubungi operator seluler yang Anda gunakan. Selain itu, pemilik juga harus melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian sebagai syarat legalitas.

Setiap operator seluler pada dasarnya telah memiliki aturan masing-masing guna verifikasi laporan. Setelah sukses memblokirnya, maka ponsel Anda yang hilang akan terdaftar pada list daftar hitam dan tidak akan bisa diaktifkan oleh operator seluler manapun. 

Secara otomatis data dan seluruh isi ponsel Anda aman terkendali dan dijamin tidak akan disalahgunakan orang lain. Mengingat keberadaannya sangat penting dan riskan, maka sebelum membeli handphone baru, Anda disarankan untuk mengecek nomor IMEI ponsel terlebih dahulu.

Sumber: https://www.tribunnews.com/techno/2020/09/16/begini-cara-mendaftarkan-imei-ponsel-yang-dibeli-di-luar-negeri?page=4

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.