gadgetin

Corning Gorilla Glass 3: Seberapa Kuat Lapisan Kaca Ini Terhadap Goresan?

  • Share
layar corning gorilla glass 3

Corning Gorilla Glass 3 kini bagian dari parameter pembeli Smartphone. Saat berburu HP baru, tentu saja kita melakukan spesifikasi. Kita akan mengecek jenis Chipset prosesor, seberapa besar RAM nya, memori internal, dan beberapa hal lainnya sesuai dengan kebutuhan. Namun, apakah teknologi layar HP juga menjadi pertimbanganmu, Gengz? Jika iya, kamu mungkin sudah tidak asing dengan Corning Gorilla Glass 3.

Produk kaca pelapis ini merupakan keluaran perusahaan Corning yang hingga saat ini banyak terpasang pada layar gawai. Tingginya tingkat ketahanan terhadap benturan dan goresan, membuat produk perusahaan asal Amerika ini digunakan oleh berbagai perusahaan raksasa, seperti Apple, Samsung, dan Oppo. Mungkin saja, layar gawai mu juga sudah menggunakan kaca pelapis ini, Gengz.

Peran besar Apple pada produk Corning Gorilla Glass 3

layar apple dengan corning gorilla glass

Apple dan CEO nya saat itu, yaitu Steve Jobs, merupakan salah satu pihak yang perlu mendapat apresiasi atas keberhasilan Corning saat ini. Sebelum mengeluarkan produk kaca pelapis untuk gawai, Corning membuat kaca untuk mobil seperti Plymouth Baracuda. Sekitar tahun 2006, Jobs menghubungi pihak Corning dan meminta mereka membuatkan kaca pelapis layar yang ringan untuk produk iPhone.

Tentu saja tidak hanya ringan, namun juga dapat tahan terhadap goresan. Permintaan tersebut awalnya disambut dengan pesimis oleh CEO Corning, Wendell Weeks. Usaha Jobs untuk meyakinkan Weeks tidak sia-sia, Gengz. iPhone pertama kali meluncurkan produknya menggunakan Corning Gorilla generasi pertama pada tahun 2007. Dengan proses kimia tertentu, Corning berhasil membuat kaca pelapis yang ringan plus anti gores dan terus berkembang hingga generasi tujuh di tahun 2020.

Perbedaan Corning Gorilla Glass 3 dengan generasi sebelumnya

Meskipun sekarang perusahaan ini telah berhasil meluncurkan produk pelapis kacanya hingga generasi ketujuh, namun generasi ketiganya masih banyak digunakan. Penelusuran Gadgetin, beberapa contoh HP keluaran terbaru yang masih menggunakan generasi ketiga adalah Oppo A5 2020, Oppo A9 2020, dan Realmi 5i. Hal ini membuktikan bahwa, meskipun pelapis kaca ini merupakan produk tahun 2013, kualitasnya masih compatible dengan kualifikasi HP terbaru.

Perbedaan keluaran generasi ketiga dengan generasi sebelumnya ialah adanya teknologi Native Damage Resistance (NDR). Dengan teknologi NDR, pelapis kaca generasi ketiga ini diklaim mampu menahan goresan lebih baik hingga 35% dibanding generasi sebelumnya. Meskipun belum bisa memberikan klaim ketahanan ketika jatuh seperti generasi keempat, produk ini masih berhasil menarik perhatian produsen smartphone hingga saat ini. Keren banget ya, Gengz!

Demo ketahanan lapisan kaca Corning generasi ketiga

kekuatan corning gorilla glass

Pada awal Januari 2013, perusahaan produsen kaca tersebut melakukan demo ketahanan Corning Gorilla Glass 3 terhadap goresan. Agar kita percaya dengan klaimnya, Gengz. Demo tersebut mereka lakukan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2013 di Amerika Serikat. Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah melihat video demo ini Youtube.

Pada demo tersebut, pihak Corning menunjukkan bagaimana lapisan kaca buatan mereka tidak terpengaruh oleh hantaman bola logam dengan berat 130 gram. Dengan bangga, mereka menunjukkan bahwa tidak ada keretakan pada kaca dalam demo tersebut.

Kesimpulan

Corning Gorilla Glass 3 merupakan salah satu inovasi terbaik dalam bidang teknologi. Untuk kamu yang pernah servis gawai dan harus mengganti layar tentu sudah tahu seberapa mahalnya spare part yang satu ini. Namun pelapis kaca ini membuat layar HP atau gawai lain milik kita jauh lebih awet. Bahkan mungkin sebagian dari kamu sudah tidak mempertimbangkan anti goresan tambahan karena merasa sudah cukup dengan lapisan kaca bawaan gawai kamu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.