gadgetin

Inilah Situasi Esports di Belakang Layar yang Jarang Diketahui

  • Share
E-sport
E-sport

Gadgetin.co.id – Situasi esports di belakang layar memang selalu menarik perhatian, terlebih bagi mereka penggemar Esports. Sebagai cabang olahraga berbasis elektronik, Esports terus menunjukkan eksistensinya sejak tahun 2017 hingga sekarang. Pertumbuhan Esports semakin pesat seiring adanya Mobile Legends: Bang Bang oleh Moonton. 

Industri esports bukan hanya tentang cabang gim atau genre yang dikompetisikan, tapi juga mencakup berbagai profesi di bidang Esports dengan keahlian masing-masing, termasuk mereka yang bekerja di belakang layar, mulai dari MC, pro player, caster, penikmat Esports dan peran lain di bidang Esports. Semua memiliki perannya masing-masing dalam perkembangan esports. 

Peranan Penting Tim Production

Salah satu bagian yang memiliki peran penting agar event esports berjalan lancar dan enak ditonton adalah tim Production. Tanpa adanya tim Production yang handal, ragam turnamen event esports secara online atau pun offline tidak akan bisa disiarkan. Tayangan pun mereka buat lebih menarik agar memikat hati penontonnya sehingga esports di belakang layar pun menarik untuk disimak.

Untuk memaksimalkan kinerjanya, tim Production tentu saja tidak berdiri sendiri, melainkan ada beberapa bagian khusus, mulai dari Statistic yang mengurus statistik gim, Producer yang mengurus inti live stream, hingga Observer yang mengambil gambar para player saat bertanding. Setiap bagian harus memiliki keahlian khusus yang menunjang industri Esports. 

Bagian Tim Production E-sport

  • Producer

Bagian pertama yang harus Anda ketahui adalah producer. Bagian ini bertugas untuk mengurus asset live stream, estetik dan transisi dari penayangannya. Bisa dibilang jika lingkup kerja producer cukup kompleks karena mereka harus memahami bagian scene mana yang bisa digunakan atau mana yang harus dihilangkan dan diganti dengan scene lain yang lebih tepat. 

Bukan itu saja, producer juga bertugas untuk mematikan dan menyalakan lagu dan mic caster. Ia wajib memberitahukan caster kapan harus masuk ke dalam game, menentukan jeda iklan atau break dan kapan harus perus peralihan kembali ke meja stusio. Oleh karena itu, keahlian dalam memahami proses livestream, mengatur deskripsi, judul live, bitrate dan delay stream. 

  • Statistic

Melihat namanya saja pasti Anda sudah bisa memprediksi apa saja yang menjadi tugasnya. Seorang statistic harus memahami perhitungan gim dan menguasai mekanik gimnya. Mereka juga harus cekatan dan bisa bekerja cepat dalam menghitung saat gim mulai karena mereka harus menunjukkan hasil data ketika game sedang berjalan dan hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah. 

Situasi esports di belakang layar menunjukkan kinerja seorang statistic. Misalnya pada turnamen DOTA 2 dimana seorang statistic akan membuat data most player kill, most pick hero, dan lainnya. Bukan hanya menghitung, mereka juga dituntut untuk mengerti cara mengedit suatu tulisan menjadi gambar dengan memasukkan data yang didapatnya. 

  • Observer

Beberapa dari Anda mungkin belum mengenal betul apa itu tugas observer di belakang layar Esports. Tugas seorang observer adalah mengambil gambar dari gim yang dipertandingkan dengan teknik dan pengaturan khusus yang tidak semua orang bisa melakukannya. Biasanya, dalam satu pertandingan terdiri dari beberapa observer dengan tugas fokus yang berbeda. 

Contoh pekerjaan observer Esports di belakang layar saat live game PUBG mobile adalah membuka map, konsen pada perspektif player dan mengurus gambar dari atas gedung. Meski terdengar mudah, tapi sebagai observer mereka harus konsisten dalam suatu pertandingan, yaitu tidak terlalu lambat dan cepat saat mengganti perspektifnya. 

Itulah tadi informasi mengenai beberapa keahlian yang dibutuhkan di belakang layar Esports. Setiap bagian memiliki keahlian dan tugas yang berbeda-beda untuk menciptakan tayangan yang menarik. Situasi Esports di belakang layar ini menunjukkan kerja sama yang apik untuk memajukan dunia Esports.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.