gadgetin

Ponsel BM Resmi Diblokir, Apakah Ponsel Anda Masih Aman?

  • Share
Gadgetin
Gadgetin Indonesia

Gadgetin.co.id – Akhir-akhir ini, kabar mengenai ponsel BM resmi diblokir sedang hangat diperbincangkan. Keberadaan ponsel BM (Black Market) atau ilegal memang sudah tersebar ke berbagai wilayah nusantara. Apalagi dengan mudahnya Anda mendapatkan ponsel ilegal di beberapa penjual dengan harga yang jauh lebih murah sehingga lebih menarik. 

Kebijakan mengenai pemblokiran ponsel ilegal memang sudah lama dibahas, namun mengalami penundaan beberapa kali. Hingga akhirnya, aturan pemblokiran perangkat ilegal melalui nomor IMEI telah resmi diberlakukan dan mungkin perangkat Anda menjadi salah satunya. Untuk itu, cobalah cek kembali kondisi ponsel yang Anda gunakan.

Pelaksanaan Pengendalian IMEI Nasional

Pada 15 September 2020 pukul 22.00 WIB, IMEI Handphone dan Komputer Tablet (HTK) yang tidak terdaftar dalam Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah diblokir secara otomatis. Beberapa dari Anda mungkin belum menyadarinya jadi tidak ada salahnya jika Anda memeriksa kembali kondisi HTK yang Anda miliki. 

Proses stabilisasi sistem CEIR dan EIR yang akan digunakan untuk pemblokiran sudah selesai dilakukan pada 15 September 2020 pukul 17.00 WIB. Setelah sistem yang digunakan selesai digarap, barulah dilakukan pengendalian IMEI Nasional yang telah dioperasikan secara penuh pada malam harinya, yaitu pukul 22.00 WIB.

Dampak yang Terjadi dari Ponsel BM

Ponsel BM resmi diblokir beberapa hari lalu dan tentunya ada berbagai dampak yang terjadi. Layanan jaringan perangkat telekomunikasi bergerak seluler tidak lagi bisa dinikmati seluruh perangkat HTK yang diblokir. Untuk mengetahui apakah perangkat Anda diblokir, cek nomor IMEI perangkat pada laman http://imei.kemenperin.go.id.

Dari pengecekan tersebut, Anda akan menemukan status dari perangkat, apakah nomor IMEI terdaftar atau tidak. Setelah itu, cobalah untuk menyambungkan perangkat HTK dalam jaringan operator seluler karena jika perangkat tidak dapat tersambung, kemungkinan nomor IMEI tidak terdaftar dan perangkat tersebut sudah terblokir. 

Cara Pendaftaran Nomor IMEI

Situasi ponsel BM resmi diblokir tentu membuat masyarakat khawatir, apalagi bagi mereka yang membawa perangkat dari luar negeri/ Free Trade Zone melalui bandar udara dan pelabuhan atau pun melakukan pembelian secara online. Namun Anda tak perlu khawatir karena nomor IMEI bisa didaftarkan melalui link yang tersedia.

Bagi Anda pemilik HKT luar negeri, bisa mendaftarkan nomor IMEI melalui aplikasi Mobile Bea Cukai. Sebelumnya, Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui Play Store baru kemudian bisa dilakukan pendaftaran. Dibutuhkan waktu maksimal 2 x 24 jam agar aktivasi perangkat dengan SIM card Indonesia bisa digunakan. 

Ponsel BM yang Diblokir

Kabar pemblokiran perangkat HKT ini tentu membuat masyarakat khawatir jika ponsel atau perangkat gadget mereka menjadi salah satu yang harus diblokir. Apabila perangkat diblokir tentu akan mengganggu fungsinya sehingga harus mendaftarkan nomor IMEI secara mandiri atau membeli HKT baru.

Jika HKT milik Anda belum diaktifkan atau dikoneksikan dengan operator seluler tertentu, bisa jadi menjadi salah satu dari ponsel BM resmi diblokir beberapa hari lalu. Jadi, jika perangkat Anda sudah aktif dan terkoneksi ke operator seluler tertentu, maka tidak perlu khawatir karena perangkat Anda akan aman dari pemblokiran. 

Tanggung Jawab Penjual HKT

Dengan semakin ketatnya aturan terhadap perdagangan HKT, tentu pembeli harus lebih selektif dalam membeli perangkat. Hal ini juga tidak bisa terlepas dari tanggung jawab penjual di mana seharusnya mereka menjamin IMEI perangkat sudah tervalidasi dan teregistrasi sehingga tidak akan menjadi korban pemblokiran. 

Berkaitan dengan aturan ini, Kominfo meminta penjual offline maupun online bertanggung jawab terhadap HKT yang dijualnya agar tidak menyusahkan konsumen nantinya. Apabila Anda memiliki ponsel BM, tapi sudah disambungkan ke jaringan operator seluler seharusnya masih bisa digunakan jadi tak perlu khawatir ponsel BM resmi diblokir.

Pelayanan Keluhan Terhadap Kebijakan

Suatu kebijakan tentu menimbulkan pro dan kontra sehingga akan bermunculan keluhan masyarakat mengenai kebijakan tersebut. Untuk itu disediakan gerai layanan operator telekomunikasi untuk menampung keluhan masyarakat. Hubungi nomor Call Center Kominfo di 159 untuk mendapatkan jamrolexreplikasuper informasi tentang pengendalian IMEI. 

Mekanisme pemblokiran menggunakan sistem whitelist dengan menerapkan normally off sehingga hanya HKT dengan nomor IMEI legal dan terdaftar yang bisa mendapatkan sinyal operator. Semua kebijakan ini sudah melalui berbagai pertimbangan yang matang hingga akhirnya ponsel BM resmi diblokir beberapa hari lalu. 

Sumber: https://www.tribunnews.com/techno/2020/09/16/ponsel-bm-resmi-diblokir-sejak-tadi-malam-pukul-2000-wib

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.