gadgetin

Unreal Engine 5

  • Share
Unreal Engine 5
Unreal Engine 5

Gadgetin.co.id – Unreal Engine 5 merupakan engine terbaru Epic Games yang dikhususkan untuk generasi baru video game. Engine ini tawarkan sejumlah fitur baru yang memberikan developer akses untuk dapat berikan visual yang lebih detil dan bahkan menyamai kualitas grafis CGI.

Sebuah demo telah dirilis untuk perlihatkan kemampuan dari Unreal Engine 5 ini, dan sampel demo berjudul Valley of the Ancient ini telah memuat ukuran 100GB, dan itu belum termasuk 10GB untuk program engine itu sendiri.

Dikarenakan fitur impor tekstur dengan “jutaan polygon”, teknologi photogrammetry scan, serta fitur intensif lainnya. Besar kemungkinan kalau game dengan engine ini nantinya akan memakan banyak isi storage penyimpanan, khususnya jika developer mengejar kualitas sebaik atau bahkan melebihi demo yang dirilis Epic Games.

Beberapa developer juga telah memprediksi bertambahnya kembali ukuran file dari game yang menggunakan Unreal Engine 5. Stephen Kick dari Nightdive Studios sempat berkata dengan PC Gamer kalau “Satu-satunya kekurangan yang saya lihat ialah ukuran install yang meningkat secara eksponensial, yang dimana bisa mendekati 100GB atau lebih untuk beberapa judul game.”

Ini tentunya menjadi mimpi buruk untuk semua gamer mau itu console ataupun PC. PS5 dan Xbox Series X miliki SSD bawaan yang tergolong kecil yaitu 1TB dan itupun telah dikuras oleh OS. Harga SSD saat ini masih sangat mahal khususnya untuk yang memiliki kecepatan yang bagus. Berasumsi game generasi ini akan memakan ukuran sebesar itu, gamer hanya mampu menampung 7-10 game dalam satu SSD 1TB yang dimana saat artikel ini ditulis dihargai setidaknya Rp 2 juta tergantung merek dan tipe.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *